News Update :
Home » » Suar Matahari Terbesar dalam 5 Tahun Terakhir Menghantam Bumi

Suar Matahari Terbesar dalam 5 Tahun Terakhir Menghantam Bumi

Written By neo djunayd on Saturday, March 10, 2012 | 4:58 PM

Bumi bersiap diri untuk yang terburuk malam ini karena solar flare terbesar dalam lima tahun terakhir telah mengirimkan partikel bermuatan yang dipercepat ke arah bumi dengan kecepatan 600 mil per detik.

Sebagai suar/flare 'kelas - X' - yang paling kuat dari jenisnya - membombardir medan magnet planet kita pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Dikhawatirkan aktivitasnya dapat mengganggu jaringan listrik, navigasi satelit dan rute pesawat.

Namun, tidak ada insiden besar sejauh ini telah dilaporkan - tapi itu masih bisa berubah.

Badai surya - sepuluh kali lebih kuat dari sebuah 'angin matahari' normal - kemungkinan, terakhir melalui Jumat pagi, dan wilayah yang meletus masih bisa mengirim ledakan ke arah kita.

The sun's activity on March 8, 2012. A strong geomagnetic storm is racing from the sun towards Earth 

Heading our way! A Nasa handout photo shows the massive solar flare that could affect power grids, GPS and plane flights - although no incidents have so far been reported 

The X1 solar flare in a new active region on the sun, region 1429. It has let loose two M-class flares and one X-class so far. Material erupted from the sun with each flare, though due to the fact that this active region is still off to the side of the sun, they will likely have a weak effect on Earth's magnetosphere 

Pada puncak aktivitas flare, Joe Kunches, seorang ilmuwan untuk National Oceanic and Atmospheric Administration, mengatakan, "Badai ini menghantam kita tepat di hidung kita" Namun ia kemudian mengatakan bahwa ramalan cuaca ruang angkasanya mungkin berlebihan dalam dampak bombardir tersebut.

"Kita mengharapkan "kereta barang". Setelah kereta barang datang, masih ada sedang lewat, dan sekarang kita sedang melihat bagaimana kereta itu membuat semuanya bergetar", katanya kepada Fox News.

Dia menambahkan: "Kita memperkirakan kecepatan tapi kita tidak memperhitungkan putaran spin pada bola."

Lainnya memiliki firasat mirip dengan Kunches.

Fisikawan surya NASA, Alex Young memperhitungkan suar ini bisa memberi kita sedikit 'sentakan'.

Namun para ahli telah memperingatkan bahwa badai matahari dapat menghancurkan, dan suar ini mungkin hanya awal dari acara puncak aktivitas matahari di tahun depan.

Restless: The sun is in a period of intense activity that will peak next year. This Nasa picture was taken today

Hot stuff: An image acquired by the Solar Dynamics Observatory today that captures the sunspots with amazing clarity

Badai matahari memiliki tiga cara mereka dapat mengganggu teknologi di Bumi: dengan emisi magnetik, radio dan radiasi.

Kunches mengatakan bahwa semua badan energi di seluruh dunia telah diberitahu untuk kemungkinan pemadaman.

Waktu dan kecepatan badai menentukan apakah akan menurunkan jaringan listrik, katanya.

Badai matahari juga bisa membuat GPS kurang akurat, yang sebagian besar masalah bagi presisi pengeboran dan teknologi lainnya. Bisa juga memadamkan GPS.

Badai juga dapat menyebabkan masalah komunikasi dan ditambah radiasi di sekitar kutub utara dan selatan, yang mungkin akan memaksa maskapai penerbangan untuk mengubah rute penerbangan. Sebagian sudah melakukannya.

Satelit dapat dipengaruhi oleh badai matahari juga. Juru bicara NASA, Rob Navias, mengatakan bahwa NASA tidak mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi astronot di Stasiun Ruang Angkasa Internasional dari radiasi tambahan oleh badai matahari.

Pengamat ruang angkasa mengatakan dampak - yang terutama dirasakan di daerah kutub - bisa menjadi cukup kuat untuk memungkinkan kilasan cahaya utara yang terkenal di atas Inggris sepanjang malam.

Badai matahari adalah fenomena alam yang terjadi sebagai akibat dari kenaikan dan penurunan alami dari aktivitas magnetik matahari melalui siklus 11 tahun yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2013 - 2014.

Ketika melepaskan energi magnetik, semburan partikel bermuatan - yang dikenal sebagai coronal mass ejections, atau CME - dapat terlemparkan ke arah Bumi dan mengganggu medan magnet kita.

 The sun-spot group 1429 is seen on the surface of the sun on this photo taken from Salgotarjan, 109 km northeast of Budapest, Hungary
 
 The explosions on the sun created a 'coronal mass ejection' which sent a large amount of charged particles into space, but they are expected to avoid Earth because the sun spots are off to the side of our star
 
Setelah suar surya besar pada bulan Agustus, ini adalah yang terbesar sejak 2007, menurut badan antariksa AS, NASA.

Dr Craig Underwood, Wakil Direktur Pusat Antariksa di Surrey mengatakan, "Peristiwa ini adalah yang terbesar selama beberapa tahun, tetapi tidak di kelas yang paling parah.

"Kita mungkin akan menghadapi banyak badai seperti ini dan mungkin yang lebih besar lagi dari ini di tahun depan saat matahari mendekati aktivitas maksimumnya.

"Kejadian-kejadian tersebut bertindak sebagai 'wake up call' untuk gaya hidup modern kita yang sangat tergantung pada teknologi ruang angkasa dan infrastruktur jaringan listrik nasional."

 This flare was categorized as an X5.4, making it the second largest flare -- after an X6.9 on August 9, 2011 -- since the sun's activity segued into a period of relatively low activity called solar minimum in early 2007
 
 This extreme ultraviolet wavelength image provided by NASA provides another look at a solar flare, which could also force airlines to reroute


This colour-coded image combines observations made by Nasa in several extreme ultraviolet wavelengths, highlighting a bright X-class flare toward the upper left on March 6 

Para ilmuwan bekerja keras untuk memahami fisika dari peristiwa-peristiwa ini, sehingga mereka akan dapat memprediksinya dengan lebih akurat.

Profesor Alan Woodward, Departemen Komputasi, Universitas Surrey mengatakan bahwa badai matahari dapat menyebabkan kerusakan sistem komputer, peralatan medis, pesawat terbang dan ponsel.

Dia berkata: "Kita memiliki potensi tahun ini untuk melihat apa yang para ahli menyebutnya sebagai peristiwa "Black Swan": Sesuatu yang sangat jarang terjadi terjadi, tetapi jika terjadi akan berdampak luar biasa terhadap hidup kita'

Pada tahun 1972, badai geomagnetik diprovokasi oleh suar surya mematikan komunikasi telepon jarak jauh di seluruh negara bagian Illinois. Gangguan pada tahun 1989 menyebabkan enam juta orang berada dalam kegelapan di seluruh provinsi Quebec di Kanada.

1 komentar:

Obat Herbal said...

Suatu perang di akhir jaman, akan terjadi dg peralatan tradisional. Inikah jawabannya?ketika sistem telekomunikasi dan jaringan listrik terkapar.
Subhaanalloh.

Post a Comment

 
Copyright © 2011. World is not enough . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme